Jumat, 09 Oktober 2015

Kendalikan Asam Urat Tinggi dengan Air Putih


Jakarta, Usia masih muda bukan berarti membuat seseorang aman dari serangan asam urat tinggi. Apalagi jika ayah dan ibunya memiliki penyakit tersebut, maka anaknya berisiko mengalami hal yang sama. Nah, salah satu cara untuk mengendalikan asam urat adalah dengan minum air putih.

"Minum air putih yang banyak, serta makan yang benar dan cukup," kata Prof Dr dr Suhardjono, SpPD, KGH, KGer, Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (10/10/2014).

Mengapa air putih bisa turut mengendalikan asam urat tinggi? Saat meminum air putih, asam urat akan disiram dari ginjal dan dikeluarkan melalui urine. Jadi, jangan lupa untuk minum cukup air putih secara teratur agar kadar asam urat turun.

Hal senada disampaikan dr T Bahdar Johan, SpPD. "Minum air putih atau jika sudah terkena asam urat akan ada obat khusus untuk meredakan asam uratnya," katanya saat dihubungi detikHealth.

Selain itu perlu juga mengasup vitamin C. Mengapa? Vitamin C menjamin dikeluarkannya asam urat berlebih dari tubuh melalui urine. Dengan mengonsumsi vitamin C, Anda bisa memastikan asam urat yang mengganggu itu telah dikeluarkan dari tubuh. Berapa takaran vitamin C yang harus dikonsumsi? Dikutip dari Boldsky, jumlah Vitamin C yang harus dikonsumsi adalah sekitar 500 miligram per hari.

Ingat pula untuk membatasi makan seafood, jeroan, dan emping karena mengandung purin terlalu tinggi agar asam urat tidak meroket. Seimbangkan asupan Anda dengan makanan kaya serat. Sebab menurut penelitian, makanan yang kaya serat dapat membantu mengontrol kadar asam urat. Oats, brokoli, dan beberapa sayuran lain sangat kaya akan serat dan dapat mengendalikan kadar asam urat.

Sumber :
Hendika Sekti Pratama - detikHealth
Jumat, 10/10/2014 13:05 WIB

Tidak ada komentar: