Jumat, 09 Oktober 2015

PDAM DELTA TIRTA

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan secara berkelanjutan. Penggunaan air bersih sangat penting untuk komsumsi rumah tangga,kebutuhan industri dan tempat umum. 

Karena pentingnya kebutuhan akan air bersih, maka adalah hal yang wajar jika sektor air bersih mendapatkan prioritas penanganan utama karena menyangkut kehidupan orang banyak. 

Penanganan akan pemenuhan kebutuhan air bersih dapat dilakukan dengan berbagai cara, disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada.

Di daerah perkotaan, sistem penyediaan air bersih dilakukan dengan sistem perpipaan dan non perpipaan. Sistem perpipaan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan sistem non perpipaan dikelola oleh masyarakat baik secara individu maupun kelompok. 

Kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan yang tidak terbatas dan berkelanjutan. Sedang kebutuhan akan penyediaan dan pelayanan air bersih dari waktu ke waktu semakin meningkat yang terkadang tidak diimbangi oleh kemampuan pelayanan. 

Peningkatan kebutuhan ini disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk, peningkatan derajat kehidupan warga serta perkembangan kota/kawasan pelayanan ataupun hal-hal yang berhubungan dengan peningkatan kondisi sosial ekonomi warga.

Oleh karena itu dalam edisi kali ini perlu kami sampaikan mengenai pandangan jika  Perumahan kita seadainya akan di kelola air bersih dengan fasilitas PDAM
PDAM Delta Surya Sidoarjo saat ini membuka untuk pengajuan pemasangan PDAM dengan beberapa ketentuan :

1.    Mengajukan permohonan ke PDAM sidoarjo oleh Panitia RT/ RW , yang nantinya di sitemap oleh PDAM jalur yang ada , dan saat ini untuk perumahan kita belum ada pipa besar / aliran air , dan perlu kami sampaikan Pihak PDAM Delta surya menawarkan untuk Bergabung dengan perumahan yang sudah mengajukan yaitu 1. Jivana / Wisma Mukti ( di samping perum AL Tebel ), 2. Perumahan Royal CITY / Samping Kita , dan 3. Perumahan  Green Park Residence jl Telaga Indah, Biaya Pemasangan Pipa Utama tidak gratis, Perlu Sharing Biaya antara warga yang mengajukan dan PEMDA / PDAM dengan pembagian 50:50.

2.    Jalur yang di ambilkan adalah Pembuatan pipa baru dari ( di Toll sekitar Sukodono /Toll Sda –waru, ada Bak pengolahan Air  ) , Green Park Residence ,  perumahan Royal City—Surya Regency—dan Berakhir di Jivana, sebagai Informasi PT Jivana sudah MOU dan kena biayanya berkisar  ( 900 Juta ).

3.    Kalau kita bergabung dengan Grup ini Perumahan surya Regency kena biaya ( 400—600 Juta ) , jika kita ambil biaya maximal 600 juta dengan total perumahan sekitar 350, maka Per Rumah kena biaya pemasangan Pipa sebesar Rp 1.,750.000 , di tambah dgn biaya pasang meter .

4.    Biaya Pemasangan Meter kedalam rumah kita sekitar Rp. 1.100.000 ( SK.Direksi. PDAM th 2007 ) dan kalau belum ada kenaikan , kalau dari beberapa sumber biayanya sekitar  Rp 1.500.000 Bisa di angsur 10 kali ( searching by …………….. Mbah Google ).

5.    Jika ditotal biaya yang dii butuhkan adalah sekitar Rp 3,250,000 / Rumah.

Dan kali ini pengurus RT /RW 07 berharap masukkan dari warga Blok C.

Apakah Setuju / tidak dengan rencana pemasangan PDAM ?
dan nantinya perlu  kesepahaman di Blok A, B, C dan D, mohon masukkan atau saran  bisa di sampaikan ke  Ketua RW dengan menyebutkan Alamat Rumah , bisa melalui rapat RT  atau bisa  memberikan saran. 



Tidak ada komentar: